Teknologi, Tutorial, Pengetahuan, Pendidikan

 

Cara Mengatasi Ngantuk Ketika Belajar atau Bekerja


Perasaan kantuk adalah perasaan yang paling nyaman dan paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Banyak orang berusaha mencoba berbagai macam cara serta menghabiskan uang banyak hanya untuk mencari cara agar kantuknya datang. Namun bila kantuk itu kerap datang di saat yang tidak tepat maka hal itu akan mengganggu juga. Misalnya kantuk yang datang saat bekerja, saat mengendarai kendaraan, saat sedang rapat maupun saat sedang belajar.

Berikut ini ada beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ngantuk saat Anda harus melakukan aktifitas yang tak bisa ditinggalkan. Saat Anda melakukan bekerja atau sedang belajar usahakan agar Anda terus berkonsentrasi pada apa yang anda lakukan. Kehilangan beberapa detik perhatian pada suatu pekerjaan akan membuat Anda buyar konsentrasi dan menyebabkan kebosanan. Kebosanan inilah yang memicu rasa kantuk itu datang.

Tidur yang cukup pada malam hari dengan kualitas tidur yang baik sehingga saat terbangun Anda esok paginya akan kembali fit dan mempunyai cukup tenaga yang memadai untuk beraktifitas dengan lancar hingga sore hari.

Bila rasa kantuk itu menyerang saat anda sedang di kantor cobalah berdiri dari tempat duduk anda kemudian melakukan sedikit gerakan olahraga dengan memutar leher atau mengibas-ngubaskan tangan Anda. Anda bisa juga mengatasi ngantuk dengan sejenak meninggalkan pekerjaan anda berjalan-jalan ke tempat lain.

Tidur merupakan satu-satunya obat ngantuk yang paling efektif hingga saat ini. Maka istirahatkan sejenak otak dan pikiran Anda. Cobalah mencari tempat yang aman dan terhindar dari pandangan orang banyak untuk sekedar memejamkan mata dan tertidur barang 5 menit saja.

1. Tariklah napas dalam dan pelan melalui hidung, kemudian lepaskan napas pelan melalui mulut. Lakukan pernapasan ini 3 kali. Kemudian

2. Menarik napas dalam dan pelan lewat mulut, kemudian lepaskan napas pelan lewat hidung. Lakukan pernapasan ini 3 kali. Kemudian

3. Menarik napas lewat hidung secara dalam dan pelan, kemudian lepaskan napas lewat hidung pelan. Lakukan pernapasan ini 3 kali.

4. Belajar di luar kelas. Cara ini yang sering digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk dan bosan ketika belajar pada jam terakhir.

5. Senam ringan. Senam ringan ini bisa dilakukan sambil berdiri. Untuk senam ini tidak ada cara khusus. Semua guru bisa membuat koreografi sediri. Misalnya senam jari, senam mulut, dll.

6. Berilah sedikit kebebasan kepada siswa. Misalnya boleh makan permen ketika belajar, boleh mendengarkan musik ketika menyalin catatan (tidak terlalu keras), dll.

Selain itu cara di atas Anda bisa mengatasi ngantuk dengan pergi ke toilet dan membasuh muka dengan air. Suhu air yang dingin akan membuat Anda segar kembali serta mengusir kantuk yang datang.

Bagi Anda penikmat kopi, akan lebih mudah menghilangkan kantuk dengan cara minum kopi. Kopi mengandung kafein yang berkhasiat untuk memacu kerja jantung sehingga lebih banyak memompakan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Dengan demikian otak akan terstimulasi kembali untuk bisa melakukan aktifitas secara normal. Meski kopi dianggap sebagai obat ngantuk yang efektif tetapi Anda harus berhati-hati untuk tidak berlebihan mengkonsumsinya terutama bagi Anda yang tidak tahan dengan kafein. Karena mempunyai efek samping Kopi sering membuat jantung berdebar-debar, mual serta kepala pusing.

Comments :

6 komentar to “Cara Mengatasi Ngantuk Ketika Belajar atau Bekerja”

pengetahuan mengatakan... on 

Saya rsa boleh jga tuuuu tuk d coba

Rudolf mengatakan... on 

emmm dicoba yah...

kayaknya gampang, dan efekiti, di coba ah..

ternyata luamyan efektid juga yah gan,cara ini.

Sekarang Tahu mengatakan... on 

Jus Daun@ ya, silahkan di praktekkan gan..
smoga bermanfaat artikelnya.

Unknown mengatakan... on 

yess sekarang aku tahu cara mengatasi ngantuk yang bener gimana

Posting Komentar

 
SEKARANG TAHU
Blogger Desain by Medan Jasa | Powered by Blogger.com